Selasa, 04 Januari 2011

KAPAL SELAM NUKLIR TERHEBAT DI INGGRIS

Headline
Kesunyian membuat kapal tersebut hampir tidak terdeteksi kapal musuh. Sistem sonar dan radar Ambush sangat sensitif sehingga bisa mendeteksi kapal yang berada 3 ribu mil jauhnya. Ini berarti saat Ambush berada di Selat Inggris, mereka bisa tahu jika ada kapal yang meninggalkan pelabuhan New York.

Kapal seharga 1,2 miliar poundsterling (Rp 16,8 triliun) ini akan diluncurkan di Barrow-in-Furness, Cumbria, Inggris.
Namun, kepala Angkatan Laut Inggris tetap mengalami gugup karena berharap produk baru itu tidak mengalami nasib yang sama dengan pendahulunya, HMS Astute. Kapten HMS Astute, Komandan Andy Coles dibebastugaskan setelah kapal selam HMS Astute kandas di Isle of Skye, Oktober lalu.
HMS Ambush akan membawa 38 rudal, campuran dari rudal Tomahawk yang memiliki jangkauan 1.240 mil dan torpedo kelas berat Spearfish yang mampu menargetkan kapal selam lain.
Mesin bertenaga nuklir yang dimanfaatkan kapal ini mampu bekerja di air lebih dari 20 knot sehingga memugkinkan Ambush berjalan 500 mil selama satu hari.
BAE System sedang membangun tujuh kapal selam Asute. Proyek senilai 6,7 miliar poundsterling (Rp 93,8 triliun) ini telah mengalami kelebihan anggaran sebesar 1,4 miliar poundsterling (Rp 19,6 triliun) karena beberapa masalah dan penundaan.

0 komentar:

Poskan Komentar