Senin, 10 Januari 2011

Jejak 2010, Langkah 201

Kilas Balik 2010 dari sisi seorang blogger, saya akan mencoba berbagi apa yang terjadi di dunia internetFacebook dan berbagai macam social network lainnya. dari sisi pribadi saya. dan juga harapan apa yang akan terjadi di 2011. Bagi saya pribadi 2010 adalah awal booming sebuah Microblogging, banyak sekali orang yang suka dan beraktifitas dan berbagi dengan 140 karakternya, baik update lewat Twitter,
Kilas Balik 2010-2011 - wallpaper
Kilas Balik 2010-2011 sisi Blogger
2010 adalah awal kebangkitan Social Location Network, bangkit dan munculnya berbagai macam aplikasi sosial yang berbasis tempat seperti Foursquare, Gowalla, Brightkite, Yelp dan keluarga (bahkan Facebook tidak ketinggalan muncul dengan Facebook Place dengan Wilayah masih terbatas). Munculnya Social Location Network ini sedikit banyak mendatangkan era atau wilayah dan media bisnis serta iklan baru. Pebisnis mulai berfikir bagaimana mereka beriklan pada posisi dan kadar yang tepat. Contohnya Gebrakan Foursquare dengan menggandeng venue untuk beriklan ala cerdas.
Ups, belum lagi ada Social Location Network Lokal yang di beli Dedengkot Internet Yahoo Inc, yah Koprolwebsite, @satya) dan team ini resmi di akusisi Yahoo Inc. dengan nilai yang OFF THE RECORD. Dunia Start Up lokal banyak mengalami kemajuan, munculnya banyak Grup seperti Bancakan 2.0, Fowab dan lain2 semakin memudahkan para developer ber network dan membuat gebrakan2 start up baru. Sebutkan saja ada Ganti Baju, ada Nulis Bukunya mbak salsabela dan masih banyak lagi. buatan Satya Witular  (
Mobile, mobile dan mobile, tahun 2010 era mobile application juga sangat jauh berkembang, Munculnya Android 2.2 dan 2.3 di penghujung tahun semakin membuat iOS besutan Apple harus semakin berbenah biar tidak tergerus lawan lawannya. Belum lagi adanya Bada besutan Samsung. Penetrasi Android juga semakin masuk, salah petinggi Google mengatakan bahwa sekarang ada 3.00.000 Aktivasi Handset setiap hari. Luar biasa…. Di Penghujung tahun Google juga memperkenalkan update seri Nexusnya Google Nexus S yang kali ini bekerja sama dengan Samsung Mobile.
Apakah Apple Inc. diam saja? Sangat tidak… jauh jauh hari mereka sudah menelorkan sebuah gadget yang menjadi Gadget of the year, iPad. Sebuah gadget yang pada awal kemunculannya banyak cibiran tapi berlahan mendapatkan area yang tepat dan bahkan beberapa pengembang mulai asik masuk membuat aplikasi iPad ini. Dengan fitur dan layar sentuh serta besar membuat orang semakin menentengnya dan menggantikan buku jadul ke versi iBook atau PDF. Gebrakan Apple dengan merelease iPhone 4 dengan fitur yang wah (Retina Display, Facetime) serta mulai memperkenalkan Multitasking di iOS (Nama keluarga OS untuk device mobile Apple) iAds dan masih banyak lagi.. walaupun sempat muncul antena gate tapi itu tidak membuat penetrasi dan arus iPhone melemah. Berlahan tapi pasti Samsung pun meluncurkan Samsung Galaxy TAB yang mengekor iPad.
Jejak lebih pribadi di 2010, untuk pertama kalinya dalam satu tahun saya berganti HP lebih dari sekali. Sempat asik masuk menikmati HTC Desire dengan eClair dan Froyonya, akhirnya saya merasa tercerahkan dengan iPhone 4 yang saat ini masih di genggaman. Alasan pribadi saya saat itu Android belum menjadi OS yang tepat untuk mobile activity saya. Saya masih menyangsikan bisa menikmati dalam 1 – 2 tahun kedepan. Kemungkinan dan analisa saya waktu itu Android akan nyaman di tahun 3 keatas. Itulah kenapa saya menggunakan iPhone. di Agustus 2010 untuk pertama kali kami berkenalan dengan Era Bisnis Offline, kami harus fokus di area baru ini. Karena saya merasa area ini adalah wadah yang membuat kami ada. Wilayah Online yang bagi sebagian besar masyarakat ponjong masih wilayah yang tidak jelas negeri entah berantah. Kami berharap dengan mulai beraktivitas di Wilayah Offline… kami bisa membuat perubahan lebih baik bagi masyarakat.

Langkah 2011

Masa depan 2011 saya melihat era mobile akan semakin bergerak kencang, banyak muncul gadget alternatip penyanding iPad dan bahkan tidak mungkin iPad 2 akan segera hadir. RIM juga konfirmasi akan merelease Playbook dan masih banyak lagi. Perang iOS sepertinya juga akan semakin heboh, baik itu iOS, Android, Bada dan nokia yang mencoba membangkitkan lagi era Symbiannya….
Dunia periklanan online pun akan mulai bergeser dengan location based dan multi language. Saya juga melihat tahun 2011 ini Google AdSense secara resmi akan full support bahasa Indonsia, mengingat secara desas desus 2010 ini mulau banyak publisher besar yang sudah Iklan Oleh Google enabled. Contohnya Kompas.com dan Detik.com.
Dunia blogging akan tetap mengalami kemajuan, saya cenderung melihat tematik blog akan semakin bermunculan dengan ide ide yang cenderung diluar perkiraan kita sementara.

0 komentar:

Poskan Komentar