Jumat, 24 Desember 2010

9 Pertanyaan dalam wawancara

dibawah ini ada 9 pertanyaan yang suka keluar paswaktu wawancara cari kerja, antara lain :

5 pertanyaan pertama adalah pertanyaan tradisional yang
mudah dan bisa dipersiapkan. (hapalan).

1. Apa kelebihan kamu
Jawaban (kira2):
- Saya mudah beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi
- Saya bisa memotivasi diri sendiri dan orang lain
- Saya orang yang selalu bersemangat dan kreatif
- Saya bisa mengatasi masalah dan mengambil keputusan yang tepat.

interview
interview
2. Apa kelemahan kamu
Jawaban (kira2):
- Saya mungkin terlalu perfesionis
- Kadang saya bekerja sampai lupa waktu
- Saya terlalu tegas dan tidak berkompromi dengan aturan.perhatiin jawaban diatas bisa merupakan positif juga,
jadi memang strateginya gitu, kelemahan yang tersamar


3. Tiga dan Lima Tahun lagi apa harapanmu ?
- Saya berharap mendapatkan promosi ke posisi yang lebih baik
- Saya berharap tetap bekerja disini dan mendapatkan
lebih banyak tanggungjawab.
4. Mengapa kamu meninggalkan pekerjaan lamamu ?
- Saya memerlukannya untuk memperoleh tanggung jawab yang
lebih besar.
- Banyak ide saya yang tidak diterima karena sistem kerja yang kaku
- Pekerjaan lamaku tidak memungkinkan untuk promosi.

5. Apa yang sukai / tidak sukai di pekerjaan lamamu
- Saya suka suasana kerja yang kompak
- Saya kecewa karena kemungkinan berkembang sangat terbatas
- Saya suka bertemu dengan banyak orang baru
- Sistem perusahaan terlalu kaku dan menabukan perubahan

4 pertanyaan lanjutan merupakan pertanyaan yang
menuntuk kreatifitas dan sulit dipersiapkan, pertanyaan2
diajukan untuk menilai bagaimana calon karyawan bersikap
dalam pengalaman2 di masa lalu.

6. Berikan contoh kesalahan yang pernah kamu buat dan
bagaimana kamu memperbaikinya ?

- Saya pernah memberikan refund yang salah kepada salah
seorang customer, setelah menyadarinya saya berbicara
dengan customer tersebut dan menjelaskan duduk perkaranya.
lalu membatalkan cek pembayaran tersebut.

7. Sewaktu kamu mempunyai ide bagus, Apa ide tsb,
dan bagaimana cara kamu ‘menjualnya’ ke atasan kamu ?

- Saya mempersiapkan tabel dan data berisi perbandingan
apa yang dilakukan sekarang dengan ideku, yang mana menunjukkan
lebih menguntungkan, saya menunjukkan ini kepada atasanku
sehingga membuat dia senang. beberapa hari kemudian, ideku
mulai dijalankan.

8. Ceritakan tentang waktu dimana etikamu dites ?
- Ada suatu waktu boss saya berniat memecat seseorang
atas tuduhan melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak dilakukan.
lalu saya berkata kepada bos, untuk mempertimbangkannya
kembali karena orang tersebut bisa menguggat perusahan
dan berkemungkinan besar menang, akhirnya bos membatalkan
pemecatan tersebut. Dengan adanya peristiwa ini, saya juga
tidak lama di perusahaan tsb.

9. Bila kamu memiliki deadline yang singkat padahal
masih banyak pekerjaan yang tersisa, apa yang akan kamu lakukan?

Saya berusaha membagi beberapa tugas ke pada rekan2 saya,
dan bekerja lembur sampai pekerjaan yang ditugaskan
selesai pada waktunya.

interview
interview
———————————————
Point penting dalam wawancara :

- Persiapkan diri dalam menghadapi pertanyaan2 yang
mungkin muncul.
- Jangan berbohong (boleh boong asal gak ketauan)
- berusaha membuat hubungan antara jawaban dengan
pekerjaan yang kamu incar.
- Tidak usah buru2 menjawab, pikirkan terlebih dahulu
- Jangan mengkritik bos / perusahaan lamamu
- Ngomong dengan suara yang jelas dan penuh percaya diri
- Pake baju dan penampilan yang sopan dan rapi
- Jangan telat

referensi :
- http://google.com
- http://forum.wgaul.com/showthread.php?t=26798

0 komentar:

Posting Komentar